Pemrograman Berorientasi Object : Chapter 05 - Komponen Dasar GUI


 GUI atau Graphical User Interface adalah bentuk antarmuka pengguna yang memungkinkan user agar dapat berinteraksi dengan perangkat elektronik. Bisa juga diartikan sebagai sebuah sistem komponen visual interaktif untuk software komputer. Secara umum, Sistem operasi Graphical User Interface terdiri dari jendela, menu, tombol, icon, dan widget lainnya yang didesain dengan tujuan user friendly atau bisa digunakan oleh semua pengguna umum.

GUI atau Graphical User Interface adalah bentuk antarmuka pengguna yang memungkinkan user agar dapat berinteraksi dengan perangkat elektronik. Disebut juga sebagai sebuah sistem komponen visual interaktif untuk software komputer.

Secara umum, sistem operasi Graphical User Interface terdiri dari jendela, menu, tombol, icon, dan widget lainnya yang didesain dengan tujuan user friendly atau bisa digunakan oleh semua pengguna umum.

Berikut adalah komponen komponen GUI

Swing container

1.Panel             

Untuk mengelompokkan beberapa komponen

2.Split Pane

Menampilkan dua komponen dalam ruang yang tetap, memungkinkn user untuk menentukan ukuran ruang yang dipilih untuk setiap komponen.

3.Tool Bar

Sebagai tempat untuk menampilkan tool-tool yang bertujuan mempermudah user dalam mengoperasikan beberapa tool-tool yang mungkin sering digunakan.

4.Internal Frame

Merupakan frame internal (di dalam frame utama). membuat banyak window (multi-window) di dalam satu frame.

 

 

 

 

 

5.Tabbed Pane

Membuat frame yang terdiri dari tab-tab yang bisa dipilih oleh user.

6.Scroll Pane

Menyediakan scroll bar di sekeliling perubahan ukuran komponen.

7.Layered Pane

Menyediakan tiga lapis dimensi untuk memposisikan komponen.

   

Swing Controls

1.Label

Untuk memberikan keterangan tambahan atau indentitas pada tombol atau perintah lainnya.

2.Toggle Button

Button yang selalu berada dalam salah satu dari dua kondisi. Setiap klik pada button akan merubah dari kondisi satu ke kondisi lainnya.

3.Radio Button

Untuk meminta user agar memilih satu dari lebih dua pilihan, contoh penggunaannya adalah ketika kita mengisi data diri untuk pilihan jenis kelamin.

 

 

 

 

 

4.Combo box

Berfungsi untuk menyisipkan beberapa pilihan / perintah, sehingga dengan Combo Box ini lebih menghemat tempat, karena dalam Combo Box ini terdiri dari beberapa pilihan.

5.Text Field

Untuk membuat kolom agar kelak bisa diisi perintah-perintah teks atau angka oleh user, semisal pada pembuatan aplikasi kalkulator “text field” berfungsi menampilkan hasil dari hitungan kalkulator tersebut.

6.Scroll Bar

Untuk menggeser jendela (windows) secara vertikal.

7.Progress Bar

Digunakan untuk menampilkan status proses.

8.Password Field

Tempat untuk mengisikan password yang kita miliki.

9.Separator

Berfungsi sebagai “sekat” atau pemisah antar garis yang ada pada aplikasi atau software yang nantinya akan dibuat.

10.Editor Pane

Sebuah  panel yang digunakan untuk mengedit tulisan.

11.Tabel

Menampilkan atau menyisipkan tabel pada aplikasi yang nantinya akan kita buat.

12.Button

Kontrol yang tampil pada layar dengan bentuk tertentu yang mirip dengan tombol persegi panjang dengan tulisan di tengahnya.

13.Check Box

Memilih lebih dai satu pilihan, dengan menyimpan data dan akan menampilkannya ketika di klik.

14.Button Group

Untuk menggabungkan seluruh button supaya menjadi satu kesatuan fungsi.

15.List

Untuk menampilkan beberapa item.

16.Text area

Tempat mengetikkan tulisan yang berada dalam kotak yang mempunyai fungsi scroll.

17.Slider

Berfungsi sebagai visualisasi proses perjalanan dari sebuah musik atau video.

18.Spinner

Berisi angka yang diletakkan secara ringkas atau berupa daftar, ketika kita membutuhkan angka lebih kecil, kita tinggal klik tanda panah      sampai muncul angka yang kita inginkan, atau sebaliknya misalkan kita butuh angka lebih besar klik tanda panah sampai muncul angka yang kita inginkan.

19.Text pane

Menampilkan teks dan membolehkan user untuk mengeditnya.

20.Tree

Menampilkan data dalam bentuk hirarkis

  

Swing Menus

1.Menu Bar

Untuk menciptakan tab-tab menu yang nantinya dipergunakan untuk perintah menu yang diinginkan.

2.Menu

Membentuk perintah menu yang masih bisa dilanjutkan ke menu yang lebih khusus.

 

3.Menu Item

Berisi perintah-perintah spesifik yang ada dalam menu bar, sehingga perintah-perintah pada menu item lebih khusus.

4.Menu Item/CheckBox

Memberi tanda (V) pada menu perintah tertentu supaya komputer melakukan seperti apa yang kita perintahkan.

5.Menu Item/Radio Button

Untuk melakukan rating atau survey sesuatu alamat website atau digunakan pada perintah pemilihan halaman cetakan pada printer.

6.Popup Menu

Menu yang akan tampil secara otomatis atau apabila kita menggerakkan kursor mouse pada area tertentu, biasanya berisi tentang informasi suatu obyek/icon/menu.

 

Terimakasih semoga dapat bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar